Mengidentifikasi dan
Mengavaluasi Teks Eksposisi
1.
Bacalah teks berikut dengan cermat.
Kegiatan Pramuka SMA Pinggiran
oleh:
Adang Hendra
Gerakan
Pramuka di Indonesia yang dahulu di zaman perjuangan kemerdekaan dikenal
sebagai Gerakan Kepanduan pernah dicatat dalam lembaran sejarah perjuangan
bangsa ini sebagai bagian komponen bangsa yang turut andil berjuang pada
periode awal berdirinya bangsa ini.
Demikian pula pada periode sebelum ini, dimana hingga tahun 90-an,
kegiatan pramuka di berbagai sekolah dan atau generasi muda pada umumnya juga
sangat terlihat berperan menonjol sebagai satu diantara wadah pembinaan
karakter generasi penerus bangsa. Diakui
ataupun tidak, bahwa pola asuh dan pola bimbingan yang selama ini dijalankan
Gerakan Pramuka sangat mempengaruhi keteguhan para peserta didik dalam
mengarungi kesehariaannya.
Peserta didik
kepramukaan adalah para peserta yang terdaptar pada Gugus Depan dan secara
rutin mengikuti pola pembinaan yang dijalankan para pembinanya, jadi bukan
siswa sekolah yang berseragam pramuka.
Karena, memang dengan adanya kewajiban penggunaan seragam pramuka
sebagai satu diantara seragam sekolah, sehingga seolah-olah, kalau sudah
menggunakan seragam maka otomatis akan memahami filosofi kehidupan anggota
pramuka. Penggunaan seragam pramuka
merupakan langkah awal memperkenalkan Gerakan Pramuka kepada para siswa/i,
namun alangkah akan lebih baik lagi, manakala ditindaklanjuti dengan mengikuti
pelatihan/pembinaan sesuai dengan kaidah-kaidah Gerakan Pramuka.
Dalam tulisan
ini, penulis ingin menyajikan sebagian kegiatan anggota Pramuka yang berada di
sebuah SMA pinggiran yang berada di Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan
Provinsi pemekaran Kalimantan Utara, dengan harapan melalui tulisan ini dapat
memberikan informasi kepada para pihak serta sangat diharapkan dapat memberikan
motivasi bagi seluruh siswa/i yang kebetulan tempat belajarnya berada jauh dari
pusat keramaian.
Sesuai dengan
tingkatan usia, maka sebagai anggota Pramuka tingkat Penegak, tentulah
mempunyai ciri khas kegiatan yang akan berbeda dengan kegiatan bagi para
penggalang apalagi siaga. Dalam hal ini,
langkah H.Zulkifli, SPd. selaku Kepala SMA Sekatak yang juga merupakan Ketua
Kwartir Ranting Sekatak adalah tepat dengan membentuk Satuan Karya sebagai wadah
menghimpun kegiatan para anggota penegak binaannya. Dengan demikian, walau
berada dan sekolah di sebuah SMA pinggiran, namun tidak kehilangan kesempatan
untuk tetap berkreasi dan mengembangkan ketrampilan.
(Dikutip
dari Kompas)
2.
Secara berkelompok, lakukanlah penilaian
terhadap teks eksposisi tersebut berdasarkan isi, struktur, dan bahasanya.
3.
Laporkanlah hasil diskusi kelompok Anda itu
dengan format berikut.
Judul teks:
.......................................................................
Penulis :
.......................................................................
Sumber :
.......................................................................
Aspek Penilaian
|
Isi
|
Susunan
|
Bahasa
|
a.
Kebaikan
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
b.
Kelemahan
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
No comments:
Post a Comment