Friday, 14 November 2014

[Tugas Siswa] Mengevaluasi Teks Eksposisi



Mengidentifikasi dan Mengavaluasi Teks Eksposisi
1.      Bacalah teks berikut dengan cermat.
Kegiatan Pramuka SMA Pinggiran
oleh: Adang Hendra

Gerakan Pramuka di Indonesia yang dahulu di zaman perjuangan kemerdekaan dikenal sebagai Gerakan Kepanduan pernah dicatat dalam lembaran sejarah perjuangan bangsa ini sebagai bagian komponen bangsa yang turut andil berjuang pada periode awal berdirinya bangsa ini.  Demikian pula pada periode sebelum ini, dimana hingga tahun 90-an, kegiatan pramuka di berbagai sekolah dan atau generasi muda pada umumnya juga sangat terlihat berperan menonjol sebagai satu diantara wadah pembinaan karakter generasi penerus bangsa.  Diakui ataupun tidak, bahwa pola asuh dan pola bimbingan yang selama ini dijalankan Gerakan Pramuka sangat mempengaruhi keteguhan para peserta didik dalam mengarungi  kesehariaannya.
Peserta didik kepramukaan adalah para peserta yang terdaptar pada Gugus Depan dan secara rutin mengikuti pola pembinaan yang dijalankan para pembinanya, jadi bukan siswa sekolah yang berseragam pramuka.  Karena, memang dengan adanya kewajiban penggunaan seragam pramuka sebagai satu diantara seragam sekolah, sehingga seolah-olah, kalau sudah menggunakan seragam maka otomatis akan memahami filosofi kehidupan anggota pramuka.   Penggunaan seragam pramuka merupakan langkah awal memperkenalkan Gerakan Pramuka kepada para siswa/i, namun alangkah akan lebih baik lagi, manakala ditindaklanjuti dengan mengikuti pelatihan/pembinaan sesuai dengan kaidah-kaidah Gerakan Pramuka.
Dalam tulisan ini, penulis ingin menyajikan sebagian kegiatan anggota Pramuka yang berada di sebuah SMA pinggiran yang berada di Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan Provinsi pemekaran Kalimantan Utara, dengan harapan melalui tulisan ini dapat memberikan informasi kepada para pihak serta sangat diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh siswa/i yang kebetulan tempat belajarnya berada jauh dari pusat keramaian.
Sesuai dengan tingkatan usia, maka sebagai anggota Pramuka tingkat Penegak, tentulah mempunyai ciri khas kegiatan yang akan berbeda dengan kegiatan bagi para penggalang apalagi siaga.  Dalam hal ini, langkah H.Zulkifli, SPd. selaku Kepala SMA Sekatak yang juga merupakan Ketua Kwartir Ranting Sekatak adalah tepat dengan membentuk Satuan Karya sebagai wadah menghimpun kegiatan para anggota penegak binaannya. Dengan demikian, walau berada dan sekolah di sebuah SMA pinggiran, namun tidak kehilangan kesempatan untuk tetap berkreasi dan mengembangkan ketrampilan.
(Dikutip dari Kompas)
2.      Secara berkelompok, lakukanlah penilaian terhadap teks eksposisi tersebut berdasarkan isi, struktur, dan bahasanya.
3.      Laporkanlah hasil diskusi kelompok Anda itu dengan format berikut.
Judul teks: .......................................................................
Penulis    : .......................................................................
Sumber   : .......................................................................
Aspek Penilaian
Isi
Susunan
Bahasa
a.       Kebaikan
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................

..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
b.      Kelemahan
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................

..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...