Thursday 16 August 2012

I Miss You, Grandpa...

Kakek...
Sungguh suatu hal yang tak dapat kupercaya, saat kulihat tubuhmu terbaring tenang di tempat itu. Air mataku tak dapat menetes karena perasaanku yang belum meyakini sepenuhnya bahwa engkau telah dipanggil menghadap-Nya. Hatiku masih ragu. Aku terombang-ambing antara mimpi dan kenyataan. Yang kuharap semua itu adalah mimpi.
Tapi harapanku musnah saat tubuhmu masih terbaring di sana. Matamu tertutup rapat. Dan mulutmu tak mengeluarkan sepatah katapun. Aku bergetar. Tak dapat berbuat apa-apa. Seringkali, setiap melihatku, kau akan tersenyum, lalu menceritakan kisah-kisah perjuanganmu dahulu. Kadang juga kau menangis dengan alasan yang tak kumengerti. Tangisan yang tak seorangpun dapat menghentikannya. Tapi kini kau tak tersenyum maupun menangis. Engkau hanya diam. Barulah kusadari bahwa kau telah tiada...

Datok...
Maaf, adalah kata yang belum sempat kuucapkan padamu. Maaf, lama tak menemuimu karna kesibukanku. Sibuk? Bukan, sebenarnya aku tidak begitu sibuk. Hanya ketakutanku yang terlalu besar untuk menemuimu setelah apa yang terjadi padaku. Kau tahu, datok? Hidupku sangat sulit. Sehingga aku belum sanggup menerima omongan orang lain tentangku. Aku takut, Datok. Itulah sebabnya aku bersembunyi dan tak menemuimu...
Maaf, aku tidak menjengukmu ketika kau sakit. Maaf, aku tidak menemuimu saat momen-momen penting itu berlangsung dalam hidupku. Seandainya dulu aku sempat menemuimu dan memperkenalkan dia, mungkin kau pun tidak akan setuju karna kutahu kau orang yang pandai melihat kepribadian orang lain. Dan aku akan menurutimu, kakek. Tapi kini semua telah terjadi. Dan salahku yang telah berbuat sesuatu tanpa diketahui olehmu...
Maaf, kakek... Maaf...
Aku memang cucu yang tidak baik. Kumohon maafkan aku, atas segala hal yang telah kuperbuat yang telah menyakitimu...
Maaf...



Saat ini, yang dapat kuingat adalah wajahmu ketika tertawa. Dan aku merindukannya. Aku merindukanmu, Datok...
Semoga engkau tenang di sisi-Nya.....




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...