Saturday 15 September 2012

Arti dari Kesempurnaan

Kesempurnaan...
Bagi orang yang religius, kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.
Tapi mengapa kata itu masih dapat bersanding dengan makhluk yang bernama manusia?
Tanpa kemunafikan, kadang masih terlintas dalam benakku, saat melihat sosok seseorang yang sempurna.
Entah dari segi fisik, lingkungan, maupun finansial.
Kadang aku berpikir, mengapa ada orang yang diciptakan sesempurna itu?
Dan saat pikiran itu menyeruak, hati pun semakin tak menerima.
"Betapa beruntungnya dia. Sedangkan aku? Sungguh malangnya nasibku."
Jujur, rasa iri itu muncul begitu saja.
Sebagai sesama manusia yang diciptakan oleh satu pencipta, aku memang tidak menerima.
Ingin rasanya berontak, menuntut keadilan sang pencipta.
Tapi sekeras apapun aku mencoba, tetap tidak akan ada yang berubah.
Orang yang sempurna itu memang beruntung karena telah diciptakan sempurna.

Kesempurnaan.
Belakangan aku mengerti, kesempurnaan yang telihat oleh inderaku, bukanlah kesempurnaan yang sesungguhnya.
Setelah mendengar kisah hidup orang yang sempurna itu, ternyata hidupnya pun tidak mudah.
Banyak hal yang telah ia lalui. Banyak perih yang telah ia rasakan. Banyak pula cacian yang telah ia terima, untuk menjadi sosoknya sekarang ini.
Dan aku hanya menilai dirinya sekarang tanpa melihat dirinya yang dulu, hingga merasa bahwa dia beruntung.
Padahal untuk menjadi sosok yang sempurna itu tidaklah mudah. Sementara aku hanya melihat tanpa mencoba berusaha menjadi sepertinya.

Kini, aku mengerti. Tidak semua yang terlihat oleh penglihatan kita adalah benar.
Oleh karena itu, jangan menilai seseorang dengan begitu mudah.
Mungkin dia terlihat sempurna, tapi tanpa kita ketahui, dia bisa saja memiliki hidup yang sulit.
Sebaliknya, orang yang terlihat tidak sempuna, belum tentu dia tidak memiliki kelebihan apa-apa.
Setiap pribadi seorang manusia itu sempurna, karena ia telah dilahirkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari makhluk lainnya. Tinggal manusia itu sendiri yang menentukan, apakah ia tetap dapat menjadi sempurna dalam menjalankan hidupnya atau tidak.
Itulah arti dari keempurnaan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...