Monday 21 April 2014

Analisis Data

Dalam penelitian, ada beberapa model analisis data, salah satunya yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1992). Setelah data terkumpul, pelaksanaan analisis diawali dengan tahapan mereduksi data tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan tahapan penyajian data dan diakhiri dengan penyimpulan dengan penyimpulan (verifikasi) data. Tahapan ini melakukan secara berulang setiap setelah selesai tahapan pengumpulan data pada setiap siklus yang dilakukan. Adapun analisis data tersebut diuraikan sebagai berikut.

1) Reduksi Data

Reduksi data dilakukan dengan menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, mengabstraksikan, dan menformulasikan data yang relevan dengan pembelajaran apresiasi puisi melalui lagu. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan focus pengamatan pada saat pertemuan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang secara teoritis terpilah menjadi tahapan (a) pembelajaran awal, (b) pembelajaran inti, dan (c) pembalajaran akhir dalam setiap jam tatap muka oleh peneliti. Diamati secara jeli. Sebagai contoh, focus pengamatan siklus ini mengenai partisipasi siswa pada kegiatan awal pembelajaran dan pembelajaran inti. Hasil pengamatan ditemukan bahwa aktivitas siswa masih belum maksimal. Karena focus pengamatan pada tahapan ini, aktivitas dan perhatian, maka hasil rekaman siswa saat mengapresiasikan puisi disimpan atau diabaikan dulu. Selanjutnya data tersebut diserderhanakan melalui pengelompokan berdasarkan masing-masing tahapan proses belajar mengajar dan peristiwa pembelajaran. Data yang sudah disederhanakan, tahap berikutnya diabstraksikan dan diformulasikan. Dengan tahapan ini diharapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan strategi pembelajaran apresiasi puisi secara utuh dan menyeluruh.

2) Penyajian Data

Kegiatan penyajian data merupakan kegiatan mengorganisasi sejumlah informasi yang telah direduksi. Sejumlah informasi yang diperoleh, diorganisasi dalam satuan sajian informasi berdasarkan tata urut strategi pembelajaran apresiasi puisi, yakni kegiatan pembelajaran, awal pembelajaran inti, dan pembelajaran akhir dalam setiap pertemuan. Semula, data-data tersebut disajikan secara terspisah antara satu tahap dengan tahapan lain dalam proses belajar mengajar, selanjutnya setalah keseluruhan data terkumpul pada akhir kegiatan akan disatukan kembali. Penyajian data terakhir ini sudah merupakan rangkuman dari keseluruhan temuan. Rangkuman ini kemudian disajikan secara terpadu, tidak terpisah-pisah seperti pada tahapan sebelumnya sehinggga menjadi sajian yang utuh.

3) Penyimpulan Hasil Analisis Data

Setelah melalui kegiatan reduksi dan penyajian data di atas, keseluruhan data disimpulkan. Agar hasil penyinpulan cukup menyakinkan, simpulan bersama diverifikasi melalui diskusi dengan teman yang sudah berpengalaman termasuk dosen pembimbing. Perlakuan seperti ini juga dilakukan dalam setiap penyimpulan lain, hingga akhir kegiatan penelitian. 
 
Source:
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif : Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rosidi. 1992. Jakarta : Universitas Indonesia.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...