Wednesday 5 March 2014

Tahapan Kegiatan Membaca

1) Pramembaca

Kegiatan pramembaca adalah kegiatan yang dimulai sebelum membaca secara keseluruhan. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam kegiatan pramembaca adalah sebagai berikut:

a) Kegiatan yang dilakukan adalah mengaktifkan pengetahuan awal siswa. Pengetahuan awal siswa berhubungan dengan kemampuan dalam memahami isi bacaan. Apabila siswa kurang memiliki pengetahuan awal atau tidak dapat mengaktifkan pengetahuan awal yang diperlukan untuk memahami isi bacaan.


b) Memberikan petunjuk untuk membentuk dan mengaktifkan pengetahuan awal siswa dengan cara: pengayaan pengetahuan awal, pembelajaran kosa kata, pengaktifan pengetahuan yang dimiliki, dan pemusatan perhatian.
  • Pengayaan pengetahuan awal dapat dilakukan dengan memberikan gambaran umum isi bacaan sebelum membaca atau memberikan analoginya. 
  • Pembelajaran kosa kata. Pembelajaran kosa kata ini bertujuan untuk membangkitkan hubungan konseptual dengan konsep-konsep yang sudah dikenal dengan konsep-konsep yang belum dikenal. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan kosakata sukar. Siswa diajak untuk mendaftar kosakata sulit, mengartikannya, menggunakannya dalam kalimat dengan konteks yang tepat.
  • Mengaktifkan pengetahuan awal. Mengaktifkan pengetahuan awal siswa apabila siswa telah memiliki kosakata awal yang memadai.
  • Pemusatan perhatian. Pemusatan perhatian siswa dapat difokuskan pada teks yang dibacanya dengan cara memberikan kegiatan yang dapat meningkatkan perhatian tersebut.

2) Tahap Kegiatan Membaca

Tahap kegiatan membaca dapat dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan sisipan. Pemberian pertanyaan sisipan dapat dilakukan dengan cara menghentikan aktivitas baca dan guru menyampaikan sejumlah pertanyaan. Pertanyaan dikembangkan berdasarkan bacaan yang telah dibaca dan juga sejumlah pertanyaan untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

3) Tahap Kegiatan Pascamembaca 
Kegiatan pascamembaca dimaksudkan untuk memberikan pengulangan, balikan, dan rangsangan kognitif. Teknik-teknik yang dapat digunakan antara lain pemberian pertanyaan, pemberian balikan, dan meringkas isi bacaan yang akan dibahas. Pemberian pertanyaan dapat dilakukan berdasarkan pertanyaan yang terdapatdalam buku teks atau yang dipersiapkan sendiri oleh guru, seangkan pemberian balikan dilakukan setelah siswa memjawab pertanyaan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...