Saturday 17 March 2012

Sebuah Catatan (3)

Delapan tahun yang lalu adalah saat pertama aku menyukai sesuatu yang berasal dari negeri gingseng, Korea Selatan. Hal itu dimulai dengan kesukaanku dengan drama korea berjudul Full House yang dibintangi oleh Rain dan Song Hye Gyo saat aku masih duduk di bangku SMP. Entah karena menyukai alur ceritanya yang komedi-romantis, atau karena terpesona dengan kecantikan dan ketampanan para pemainnya, atau mungkin karena soundtracknya yang terus terngiang-ngiang di kepalaku, aku menjadi sangat menyukai drama itu. Itulah awal mula aku jadi kecanduan dengan segala sesuatu yang berbau Korea.
Kemudian aku mulai mencari tahu tentang pemain drama itu, Rain. Aku menemukan bahwa ternyata dia adalah seorang penyanyi. Dan lagu korea pertama yang langsung membuatku jatuh cinta tidak lain adalah lagunya yang berjudul “It’s raining”. Semenjak itu aku mulai mendengarkan lagu-lagu korea yang dinyanyikan olehnya dan penyanyi solo lainnya, seperti Se7en dan BoA.
Lalu aku mulai mendengar tentang adanya grup penyanyi yang dikenal dengan sebutan boy band di Korea. Aku pun mulai mencari tahu dan menemukan Super Junior. Super Junior yang beranggota 13 orang dengan lagu menarik berjudul “U”. Aku pun mulai mendengarkan lagu-lagu yang dibawakan oleh Super Junior dan menyukai seorang personilnya yang bernama Kim Ki Bum yang lucu dan imut.
Big Bang adalah boyband kedua yang menyihir mata dan pendengaranku. Menurutku, Big Bang adalah boyband Korea yang paling, sangat, amat keren. Setiap melihat judul lagu dari Big Bang di internet, aku langsung mengunduhnya. Ya, aku mengunduhnya walaupun judul lagu itu masih sangat asing dan aku belum pernah mendengarnya sebelumnya. Hal itu dikarenakan keyakinanku bahwa setiap lagu yang dibuat Big Bang pasti bagus. Itu benar. Aku pun menyukai Big Bang melebihi kesukaanku pada Super Junior. I’m ELF, but I’m VIP too...
Saat ini, saat di Indonesia sedang booming boomingnya dengan boyband dan K-Pop, aku merasa bangga. Kenapa? Ya, karena aku telah menjadi K-Pop Lovers sejak dahulu, delapan tahun yang lalu, saat hanya sebagian kecil orang yang membicarakannya di Indonesia. I’m K-Pop Lovers and I’m proud...
Kecintaanku pada K-Pop membuatku juga menyukai Korea. Bahasa, budaya, makanan, dan tempat wisata yang sering muncul dalam drama membuatku bermimpi suatu saat aku bisa berkunjung ke sana. Sekadar berkunjung, karena walaupun aku sangat menyukai Korea, tapi aku masih lebih bangga menjadi warga negara Indonesia.
Aku mencintai Indonesia tidak seperti aku mencintai Korea. Aku mencintai Korea karena segala keunikan dan daya tariknya. Tapi aku mencintai Indonesia apa adanya, meski Indonesia memiliki  berbagai masalah yang tak kunjung usai, meski Indonesia memiliki banyak warga yang hidup di bawah garis kemiskinan, dan meski pendidikan di Indonesia masih kalah dari negeri tetangga, Malaysia. Aku bangga menjadi warga Indonesia dan berharap suatu saat dapat memberikan sumbangsingku pada negeri ini untuk memajukan Indonesia. Itulah salah satu alasanku ingin menjadi seorang guru.
Indonesia, Korea, I Like it all...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...