Friday 28 November 2014

[Contoh] Soal Uraian Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013


A. Soal Uraian

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Jelaskan maksud bahasa Indonesia yang baik dan benar dan berikan contoh masing-masing!

Bacalah teks anekdot berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
POLITISI BLUSUKAN BANJIR

Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah. Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.

Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.

Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
(Diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)

2. Tentukanlah unsur-unsur teks anekdot tersebut!

3. a. Catatlah hal-hal menarik dari anekdot di atas!

b. Buatlah kesimpulan teks anekdot tersebut!

c. Berikanlah tanggapan tentang isi teks anekdot tersebut!

4. Sebutkan ciri-ciri teks laporan hasil observasi!

Bacalah cuplikan laporan hasil observasi berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5!

Mempelajari teori-teori belajar akan lebih optimal jika dilengkapi dengan pelaksanaan observasi pembelajaran di kelas. Kegiatan observasi sangat membantu para mahasiswa untuk mengenali, mengidentifikasi, serta melakukan analisis terhadap aplikasi teori-teori belajar. Secara khusus, kelompok observer melakukan pengamatan terhadap pembelajaran IPS di jenjang pendidikan menengah pertama. Pembelajaran IPS yang diobservasi adalah mata pelajaran Ekonomi. Observasi dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul pada Sabtu, 10 November 2012. Teknik observasi yang digunakan oleh kelompok observer adalah dengan surface observation, dengan keterlibatan seminim mungkin agar tidak mempengaruhi arah proses pembelajaran yang mengacu pada teori belajar tententu. Analisis hasil observasi untuk mengidentifikasi pelaksaaan pembelajaran relevan dengan teori belajar tertentu, dilakukan dengan cara menganalisis setiap tahapan proses pembelajaran pada kegiatan inti. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat ditemukan jawaban bahwa pembelajaran IPS Ekonomi yang telah diobservasi merupakan perpaduan aplikasi teori belajar disiplin mental dan teori belajar konstruktivisme.

5. Identifikasikanlah pokok-pokok isi laporan tersebut!

6. Sebutkan ciri-ciri teks prosedur kompleks!

7. Buatlah 2 contoh kalimat imperatif (perintah) yang biasa digunakan dalam teks prosedur kompleks!

8. Jelaskan struktur teks negosiasi!

9. Buatlah sebuah teks negosiasi dengan memperhatikan penggunaan kalimat negosiasi!

10. Buatlah sebuah teks anekdot singkat tentang permasalahan lingkungan!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...