Friday 14 November 2014

[Evaluasi] Menganalisis Teks Eksposisi



Menganalisis Teks Eksposisi Berdasarkan Struktur dan Kaidahnya
1.      Bacalah teks di bawah ini dengan cermat.
2.      Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara berdiskusi.
a.       Tersaji dalam bentuk apakah teks tersebut?
Jawab: .............................................................................................................................
b.      Bagaimana judul yang tepat untuk teks tersebut?
Jawab: .............................................................................................................................
c.       Apa tujuan penyajian teks tersebut?
Jawab: .............................................................................................................................
d.      Fakta apa saja yang disajikan di dalamnya?
Jawab: .............................................................................................................................
.........................................................................................................................................
e.       Apakah fakta-fakta itu sudah tersaji dengan jelas?
Jawab: .............................................................................................................................
.........................................................................................................................................

Poliglot adalah sebutan untuk orang-orang yang banyak menguasai banyak bahasa. Dengan demikian, komunitas Poliglot Indonesia adalah wadah bagi para penggemar bahasa yang sudah menguasai atau sedang mempelajari beberapa bahasa. Terbentuknya komunitas ini terinspirasi dari Poliglot Club di Paris. Di Indonesia, poliglot yang bermula di Yogyakarta ini didirikan untuk memperbanyak jam praktik penggunaan bahasa asing yang sedang dipelajari dalam suasana yang santai dan menyenangkan.
Pembentukan Poliglot Yogyakarta dipelopori oleh Monis Pandhu dan Sandya Rani Kartosengodjo, yang mengadakan pertemuan Poliglot pertama kali pada bulan Agustus 2010. Kemudian pada 2011, kegiatan Poliglot di Yogyakarta menjadi kurang aktif karena beberapa koordinator dari Poliglot melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Pada 2011 tanpa mengetahui telah terbentuknya PoliglotYogyakarta, Arradi Nur Rizal yang berdomisili di Stockholm, Swedia, juga memiliki ide untuk mengadakan pertemuan antarteman yang gemar belajar banyak bahasa. Awal 2012, untuk menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan poliglot di seluruh kota di Indonesia, maka dibentuklah Poliglot Indonesia dengan koordinator yang ada di setiap kota.
Saat ini Poliglot Indonesia sudah tersebar di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Aceh, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. Melalui Facebook, komunitas ini pun berkembang pesat. Tidak hanya anggota dari dalam negeri, komunitas ini juga diikuti warga asing. Latar belakang profesi yang tergabung dalam Poliglot Indonesia juga bervariasi, mulai wirausahawan, pegawai Kementerian Luar Negeri, pelajar, aktivis lembaga swadaya masyarakat, sampai dosen.
Rata-rata anggota dan koordinator Poliglot Indonesia mempelajari dan menggunakan lima bahasa. Mau tahu siapa yang paling banyak menguasai jenis bahasa di komunitas ini? "Namanya Vremita dari Yogyakarta, yang bisa bicara dalam 11 bahasa," sebut Rizal selaku pendiri Poligot Indonesia.
Namun, kegiatan utama Poliglot Indonesia bukan Cuma belajar bahasa. Mereka juga saling bertukar informasi positif, seperti info beasiswa, kegiatan-kegiatan kebudayaan, info akademis, info travel, dan tentu saja untuk melebarkan tali pertemanan. Asal tau aja, komunitas ini juga sebagai media mempertemukan orang-orang asing yang belajar bahasa Indonesia dengan orang-orang Indonesia yang mempelajari bahasa ibu orang-orang tersebut.
Jadi, selain bisa mendapat teman dari negara lain, sekaligus juga dapat tandem alias partner untuk saling mengajarkan bahasa. Ditambah pertemuan yang dibuat santai dan menyenangkan. "Anggota yang baru belajar jadi enggak akan merasa terintimidasi oleh anggota lain yang sudah jago," kata Rizal.
(Dirangkum dari okezone.com)
3.      Secara berkelompok, lakukanlah analisis terhadap teks di atas berdasarkan aspek-aspek berikut.
Aspek-aspek Pengamatan
Penjelasan
a.       Bentuk teks
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
b.      Kejelasan isi/paparan
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
c.       Kebermanfaatan informasi
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...